Peralatan Yang dibutuhkan:
- Obeng Plus (kembang) mata sedang
- Obeng Minus mata kecil seukuran tespen (utk buka pilot jet)
- Kunci Pas nomer 6 atau Tang (utk buka main jet)
- wadah, buat bersihin karbu supaya gak berantakan di lantai
- kuas kecil
- kunci 12 buat buka choke
- bensin secukupnya utk membilas
Klo motor lw karbunya dah kyk gini kudu diserpis,
Bongkar semua cover body sayap sebelah kiri pake obeng kembang.
Buka kuncian leher karbu ke filter dan dari karbu ke intake pake obeng kembang.
Buka dan lepaskan tutup atas skep karburator, dan jgn lupa buka chokenya, pake konci 12 klo gak salah.
Klo dah lepas karbu dari motor, bongkar bawah (mangkok) karbu pake obeng kembang.
Trus buka pelampung dan copotin jarum pelampungnya dgn hati".
Buka dan lepaskan main jet dgn menggunakan kunci pas nomer 6 atw menggunakan tang
Buka dan lepaskan pilot jet dgn menggunakan obeng min kecil / tespen
Buka dan lepaskan setelan angin karburator
Buka dan lepaskan setelan langsam (gas) karburator
Bersihkan semua bagian karbu dan pastikan sudah tidak ada lagi kotoran yg menempel.
Jgn lupa skepnya yg masih nempel dimtr dibersihkan juga.
Juga bersihkan lubang pilot dan main jet dari kotoran,
lebih maksimal jika di bersihkan/ditiup kompresor
Setelah semua bersih, pasang kembali, main jet, pilot jet, setelan angin, setelan langsam.
Dan yg paling penting dan perlu kewaspadaan lebih adalah masang pelampung beserta jarumnya ke tempat semula dengan hati" dan presisi, supaya gak sampe salah pasang atw ngganjel, klo salah pasti nanti pas dipasang bensin bakal keluar terus (banjir) dari selang pembuangan karena pelampung tdk bekerja secara benar.
Setelah semua jeroan karbu sdh terpasang kembali, skrg waktunya nempelin karbu ketempatnya seperti semula. Kemudian coba hidupkan motor dgn stater aw diengkol beberapa kali (emang gak langsung nyala, krn bensin di karbu kan belum turun).
Klo dah nyala saatnya nyetting angin, gas dulu mtr beberapa kali supaya mesin kebagian kabut bensin. Tutup puteran angin dgn menggunakan obeng minus ke arah kanan sampe mentok sambil jaga rpm jgn sampe mati dan jgn terlalu tinggi rpmnya, kemudian putar setelan anginya ke arah kiri perlahan" sampe jeritan motor (rpm) gak mau naik lagi. Nah klo gw biasanya selalu gw tutup dikit dari titik motor gak mau teriak lagi, knpa? buat jaga" dapur pacu supaya gak terlalu kering.
Akhirnya kelar deh service karbunya, jgn lupa pasang cover bodynya biar rapih.
mau nanya nih. motor saya shogun FL 125. stationer terlalu rendah jadi waktu ngidupin mesin pagi sering mati. trus sy iseng nyeting sekrupnya. di sebelah kanan body ada celah keliatan ada skrup yg bisa diputer pk obeng minus (-). sy puter ke kanan stationer tambah gede. itu skrup buat ngatur apaan ya yang saya puter?
ReplyDelete