Mesin Pencari

Artikel lainnya

Tuesday, October 26, 2010

SETTING KARBURATOR 2TAK

itu yg jetting ala gw ada pendahuluannya nih... copas dari forum sebelah, ijin ya bos planusx...

=>bos planusx:
Karena banyak pertanyaan via PM dan sms ttg jetting, maka saya memberanikan diri untuk bikin panduan sederhana jetting.....
Walo jelaas masih banyak yg lebih canggih dlm ilmu jetting daripada saya, tanpa mengurangi rasa hormat pada master2 dan suhu jetting i.e master thompel.
Saya persembahkan.............

PANDUAN SIMPEL JETTING
  • KNOW YOUR ENEMY
    Kenali Karbu Anda, apa itu MJ?? PJ?? Jet Needle?? needle Jet dan konco2nya.....
    Pertama anda harus mulai familiar dengan bagian2 dari karbu anda, berikut adalah bagian paling umum dari Karbu :

    1. Air Mix Screw (stelan udara)
    Biasanya berupa baut -(minus) kecil di dekat setelan gas. Gunanya mengatur pasokan udara pada saat idle. Jika diputar searah jarum jam/dikencengin, akan berakibat kurangnya pasokan udara. Jika diputar sebaliknya akan menambah pasokan udara.
    *untuk mesin normal setelan udara adalah 1 s/d 2,5 putaran berlawanan jarum jam dari posisi tertutup


    2. Idle Screw (stelan gas)
    Berupa putaran mencolok, disisi kiri or kanan karbu. Gunanya mengatur pasokan bensin pada saat idle. Jika dikencengin or diputar searah jarum jam akan menambah debit bensin pada saat idle dan sebaliknya.
    Click this bar to view the full image.


    3. Pilot jet or PJ or idle jet
    bertugas menyediakan pasokan bensin yg diperlukan saat starter, mesin idle(diam), dan pada bukaan gas 0-1/8
    Click this bar to view the full image.


    4. Main jet or MJ
    bertugas menyediakan pasokan bensin pada saat bukaan gas 3/4 sampai full.

    5. Pelampung or Float
    Jangan remehkan bagian yg satu ini, klo salah dijamin ndak bakal enak karbunya

    6. Valve or Skep
    Yang mengatur buka tutup pada karbu, bentuk yang umum : kotak(mikuni TM) , sabit / oval (keihin PWK, mikuni TMX) , bulat (mikuni VM, keihin PE)

    7. Jet needle
    Jarum skep, sangat2 berpengaruh dlm jetting. Klo pendapat saya bagian inilah yg menentukan karakter karbu. efek di 1/8-3/4 throttle.
    Click this bar to view the full image.


    8. Needle jet
    Rumah jarum, ada dua type:
    • primary biasanya untuk 2 tak
    • bleed biasanya untuk 4 tak
    secara umum yg tipe primary lebih basah / rich drpd yg tipe bleed.
  • PREPARE YOUR WEAPON
    Siapkan alat2 yg diperlukan
    Jetting harus serius, siapkan seolah2 anda bersiap u/ kencan.... Apa ajah yg harus disiapkan??

    1. Busi bersih, klo bisa sih yg baru.. kenapa??? karena jetting nanti salah satu parameter adalah dari warna pada busi. Tujuan kita adalah merah bata. La klo pake busi yg dah kotor jadi sulit dong identifikasinya.

    2. Set PJ and MJ minimal ada 2 biji, yg satu lebih gede satunya lebih kecil.

    3. Cek seluruh alur karbu, jika ada kebocoran udara, segera bereskan. Dijamin akan setengah mampus jettingnya jika ada kebocoran udara, gak bakalan nemu yg pas

    4. Cek ketinggian pelampung ato float, posisi idealnya adalah jika ujung pelampung menyentuh, tidak menekan (tunggu ya ane cariin gambarnya)

    5. Pastikan motor dalam kondisi prima...

    6. Throttle marker, apa kah ini???ini yang paling penting, ini adalah penanda bukaan gas buat indikator bagian karbu mana yg lagi kerja. Its a must, wajib dipake biar lebih mudah jettingnya. Ini harus dibikin sendiri. contohnya seperti ini
    Click this bar to view the full image.
  • ENEMY DETECTED
    not yet
  • CHOOSE YOUR POISON
    not yet

sementara ini dulu besok lanjut lagi sampai selesai
HAPPY JETTING

No comments:

Post a Comment

Recomendasi

Artikel terbaru

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BUKU TAMU


ShoutMix chat widget