Mesin Pencari

Artikel lainnya

Tuesday, October 26, 2010

YUK SETTING KARBURATOR.....BIAR MANTAP

cara jetting karbu menurut pengalaman gw... kalo salah jangan ikutin...

sebenernya kan jetting karbu simpel aja, udah jelas RPM bawah sampe tengah itu yg kerja PJ sama jarum skep(dengerin tuh kata bos jin), karena mesin yg sudah dimodifikasi butuh penyesuaian juga di karbu, nah ini yg namanya jetting... dan disitulah biasanya kepuasan hobby ngoprek terjadi, selesai oprek mengoprek mesin blok dan head plus knalpot selesai, sentuhan terakhirnya di karbu, jadi kalo karbu blom nemu jettingnya sih ya jangan langsung dibejeg full dulu dah.

intinya cari MJ/spuyer yg pas dulu, soalnya ini yg paling susah dan beresiko, kan kalo ngga pas itu MJ/spuyernya bisa rontok tuh mesin kalo maen asal bejeg ajah, akhirnya buyar deh cuma karena MJ harga jigo malah jadi kekeringan trus rontok trus jadinya jutaan dah mbenerinnya, jadi cara jetting MJ/spuyer yg pas ya karena dia bekerjanya di full throttle alias gas mentok, ya mesti nyari tempat sepi dulu, atau kalo ada duit lebih bisa masuk bengkel yg ada mesin dynonya itu lebih mantep lagi, kembali ke tempat sepi biar ngga ditimpuk sendal ma tetangga hehe...

sebenernya sih ngetest MJ harus ditest jalan ya, artinya mesti di gigi atas (4/5/6) terus gas mentok, biasanya kalo kekecilan/kekeringan ada suara sampe kreket kreket gitu(jangan terus dipaksain yaa hehe), naekin deh MJ setingkat terus coba lagi, kurang.. naekin lagi... coba lagi... sampe ketemu settingan basah yg artinya kalo kegedean / kebasahan itu pas lagi gas mentok di gigi atas terus diturunin gasnya sedikit sekitar ¼ - ½ itu masih nyelonong atau masih ada tenaganya, ngga langsung ngedrop kaya kalo kita abis ngegas terus diturunin dikit gasnya gitu deh rasanya, kan itu artinya di ruang mesin masih banyak bengsinnya tuh... begitu sih kalo pengalaman gw...

atau ada juga yg sebenernya sih ngga presisi banget tapi lebih aman dikit lah, yg motornya ada RPMnya bisa distandarin tengah aja terus digas mentok ditempat tuh sambil liat jarum RPMnya, buat yg pake CDI standar sih sebenernya santai aja soalnya kalo lebih dari 14500 kena limit kok, cuma kan blom tentu juga MJ di karbunya bisa teriak sampe segitu, kalo pas ditest baru 10rb aja udah teriak knalpotnya bisa rontok kan mesin, jadi ati² ye hehehe...

tadi sampe digas mentok itu RPM lewat dari redline atau malah sampe lewat dari angka terakhirnya brarti MJ masih kurang, biasanya pas lewat gitu mesin kek mo mati kena limit CDInya, yg pas itu ya digas mentok keadaan diem tadi dia mulai brebet/basah di angka terakhirnya, itu udah pas bener dah, lewat dikit dari angka terakhir atau masih disekitar redline gpp deh...

selesai jetting MJ/spuyer baru kita bergerak ke PJ/pilot, sebenernya sih udah selesai di MJ juga gpp, cuma kan kalo buat harian kita mesti menyesuaikan trek yg kita sering lewatin tuh sama bengsin tentunya dong yaaa, soalnya semakin gede PJ pasti semakin boros lah... nah ini yg jadi seni di jetting karbu nih, soalnya ada 2 item yg mesti kita setting, PJ sama jarum skep(terlepas di karbu tuh ada banyak sebenernya, ada needle jet tempat jet needlenya/jarum skep, ada skepnya sendiri, ada pelampung) cuma ya yg gampang PJ sama jarum skep aja dah, yg laen²nya dibiarin standar aja dulu...

kalo motor cuma buat sabtu minggu sih ga mikirin ni motor enak dibuat jalan² sama bensinnya kali ya, jadi ya jejelin aja PJ yg gede sama jarum skep yg profilenya kurus buat nafas bawahnya tambah panjang, utk jetting PJ sama jarum skep yg model motor peruntukannya kek begini sih gampang bener... cari jarum dengan nomer/huruf di jarumnya tuh yg rich atau cari nomer/huruf nya dengan satu nomer/huruf depan yg sama, terus nomer/huruf selanjutnya cari yg menuju ke profile kurus atau lancip, terus ditest jalan deh, aman dong soalnya kan cuma sampe RPM 5000/7000 an lah, ini untuk mencari ukuran PJ yg pas dengan jarum skep yg udah diganti profile rich atau kurus atau lancip tadi...:sarcastic:

lanjut sampe ditest jalan, biasanya sama kaya waktu jetting MJ/spuyer, yg dicari itu brebetnya dulu(mendingan nyari basah dulu dari pada kekeringan) kalo ada RPMnya biasanya keliatan di sekitar 5000-7000an pas dimana itu brebetnya(ini mesti test jalan), kalo ga ada RPM ya di gas ¼-½ puteran biasanya kerasa nanti ada perbedaannya...

udah gitu doang untuk PJnya, kalo yg buat sabtu minggu doang ya jelas dong yg dicari itu brebet² dikit tapi pas gas ditambah langsung loncat hehehe ya kaaannnn...

kalo buat harian biasanya ya jarum skep sih standarnya aja, terus dicari deh PJ yg paling pasnya, ya kaya yg tadi diatas itu, ditest jalan di RPM sekitar segitu dicari PJ yg menghasilkan brebet²nya dulu, blom brebet terus naekin setingkat, cobalagi... belom juga, naekin lagi, cobalagi.... kalo udah ketemu brebet² di RPM tadi, berarti terus ya yg kepake PJ yg sebelomnya yg ngga brebet²... biar enteng bawahnya buat harian sama bengsin juga, tapi sebenernya dengan PJ gede itu biasanya di pagi hari atau di cuaca dingin bisa sekali starter doangan lho ga usah pake choke segala, tapi ya kalo mo irit, dicari aja tuh PJ yg pas tadi ditest jalan sebelom terjadi brebet² di RPM tadi...:metal:

biasakan jarum skep klipnya ada di urutan tengah, supaya ga buang² duit jetting PJ, bisa dimainkan tuh urutan jarum skepnya, kalo urutan klip turun setingkat dari tengah brarti PJ naek ukuran setingkat dan seterusnya, kalo urutan klip naek setingkat brarti PJ turun ukuran setingkat dan seterusnya, jadi sebelom dibeliin PJnya bisa dilakukan langkah naek atau turun urutan klip jarum skep dulu...

sekian...

oh iya untuk acara jetting ini, selain CDI standar sehat, gear mesti standar-dar kaga pake rasio, kalo hiu 13-43, kalo lumba² 14-43 supaya ga mesti nyari trek yg panjang, 200-400 meteran cukuplah....

No comments:

Post a Comment

Recomendasi

Artikel terbaru

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BUKU TAMU


ShoutMix chat widget